Sejarah Singkat Tentang Dinosaurus

Sejarah Singkat Tentang Dinosaurus

Sejarah Singkat Tentang Dinosaurus – Dinosaurus pertama kali muncul antara 247 dan 240 juta tahun yang lalu. Mereka memerintah Bumi selama sekitar 175 juta tahun sampai peristiwa kepunahan 65,5 juta tahun yang lalu memusnahkan mereka semua, berharap untuk dinosaurus burung. Para ilmuwan tidak sepenuhnya setuju dengan apa yang terjadi, tetapi kepunahan itu kemungkinan adalah dampak ganda atau tiga kali lipat yang melibatkan dampak asteroid, tersedak bahan kimia akibat meletusnya gunung berapi, perubahan iklim, dan mungkin faktor-faktor lain.

Hewan Raksasa Yang Terbang

Hanya dinosaurus besar dan klasik yang punah. Burung adalah dinosaurus hidup, kebanyakan ahli percaya. Pikirkan tentang itu lain kali seekor merpati memberondong Anda.

Fosil menunjukkan bahwa beberapa dinosaurus yang lebih maju memiliki bulu atau tubuh yang menyerupai bulu, tetapi banyak dari mereka tidak terbang dan mungkin bahkan tidak meluncur. Archaeopteryx, yang sejak lama dianggap sebagai burung pertama (walaupun status ini tidak pasti), kemungkinan bisa meluncur sendiri dari tanah, tetapi mungkin tidak bisa terbang jauh, menurut penelitian yang tidak dipublikasikan yang dipresentasikan pada 2016 Society of Vertebrate Pertemuan paleontologi di Salt Lake City, Utah. Sebaliknya, bulu-bulu, kemungkinan membantu dinosaurus seperti burung ini tetap hangat sebagai remaja atau mengirim sinyal ke individu lain.

Banyak orang berpikir reptil terbang yang punah yang disebut pterosaurus adalah dinosaurus. Mereka adalah kerabat terdekat dinosaurus, tetapi secara teknis bukan dinosaurus. Pterosaurus memiliki tulang berlubang, otak dan mata yang relatif besar, dan, tentu saja, lipatan kulit memanjang di sepanjang lengan mereka, yang melekat pada jari di tangan depan mereka. Keluarga tersebut termasuk Pterodactyl, dengan puncak yang rumit, bertulang kepala dan kekurangan gigi. Pterosaurus bertahan hidup sampai massa mati 65 juta tahun yang lalu, ketika mereka pergi ke dodo bersama dengan reptil laut dan dinosaurus nonavian lainnya.

Fosil Yang Mengaggumkan

Fosil dinosaurus pertama kali dikenali pada abad ke-19. Pada tahun 1842, ahli paleontologi Richard Owen menciptakan istilah dinosaurus, yang berasal dari deinos Yunani, yang berarti “mengerikan” atau “sangat hebat,” dan sauros, yang berarti “kadal” atau reptil. “Para ilmuwan mengklasifikasikan dinosaurus menjadi dua ordo – Saurischia dan Ornithischia – berbasis tentang struktur tulang di pinggul mereka (pengelompokan saurischia dan ornithischia ini sekarang diperdebatkan. Lihat bagian “Pembaruan pohon keluarga” di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut.)

Sebagian besar dinosaurus terkenal – termasuk Tyrannosaurus rex, Deinonychus dan Velociraptor – jatuh ke dalam urutan yang dikenal sebagai dinosaurus Saurischian (diucapkan sor-ISK-ee-en). Dinosaurus “reptil-berpinggul” ini memiliki panggul yang mengarah ke depan, mirip dengan hewan yang lebih primitif. Mereka sering berleher panjang, memiliki gigi yang besar dan tajam, jari kedua yang panjang, dan jari pertama yang menunjuk sangat jauh dari sisa jari.

Saurischia dibagi menjadi dua kelompok – empat herbivora berkaki yang disebut sauropoda dan karnivora berkaki dua yang disebut theropoda (burung yang hidup dalam garis keturunan theropoda).

Theropoda berjalan dengan dua kaki dan karnivora. “Theropod” berarti “binatang buas” dan mereka adalah beberapa dinosaurus yang menakutkan dan paling dikenal – termasuk Allosaurus dan T. rex.

Para ilmuwan telah bertanya-tanya apakah theropoda besar – seperti Giganotosaurus dan Spinosaurus – secara aktif memburu mangsanya, atau hanya mencari bangkai. Bukti menunjukkan bahwa hewan-hewan yang bekerja bersama sebagai pemburu oportunistik: mereka akan menjatuhkan mangsa, tetapi juga memakan hewan yang berbaring di sekitarnya. Ketika para pemburu fosil menemukan tulang dengan bekas gigitan pada mereka, mereka bertanya-tanya apakah theropoda terlibat dalam kanibalisme. Tampaknya sekarang hewan-hewan itu mungkin mengambil jenisnya sendiri, tetapi mereka tidak memburu sendiri.

Sauropoda adalah herbivora dengan kepala panjang, leher panjang dan ekor panjang. Mereka adalah hewan darat terbesar yang pernah ada, tetapi mereka kemungkinan memiliki otak kecil. Raksasa lembut seperti Apatosaurus pemakan daun, Brachiosaurus dan Diplodocus adalah bagian dari keluarga ini.

Kelompok Ornithischia

Dinosaurus Ornithischian (diucapkan atau -t THISK-ee-en), sebuah kelompok yang mencakup Triceratops bertanduk dan berjumbai, Stegosaurus berduri, dan Ankylosaurus lapis baja, lebih pemakan tumbuhan yang santun.

Dinosaurus ini berparuh herbivora. Lebih kecil dari sauropoda, ornithischia (yang berarti “burung-hipped”) sering hidup dalam kelompok dan menjadi mangsa spesies dinosaurus yang lebih besar. Menariknya, ornithischia bergeser dari postur berkaki dua menjadi empat berkaki setidaknya tiga kali dalam sejarah evolusi mereka dan para ilmuwan berpikir mereka bisa mengadopsi kedua postur di awal sejarah evolusi mereka.

Pembaruan Silah Keluarga

Pada 2017, sebuah bom metaforis menghantam dunia paleontologi mengenai pohon keluarga dinosaurus. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature menyarankan bahwa klasifikasi berorientasi pinggul ini tidak benar. Sebaliknya, theropoda kemungkinan adalah sepupu dekat dengan dinosaurus ornithischia, dan kedua kelompok – theropoda dan Ornithischia – membentuk kelompok yang baru diidentifikasi yang dikenal sebagai Ornithoscelida, kata para peneliti.