Fakta Menarik Tentang Dinosaurus Jenis Triceratops

Fakta Menarik Tentang Dinosaurus Jenis Triceratops

Fakta Menarik Tentang Dinosaurus Jenis Triceratops – Dengan tiga tanduk dan embel-embel raksasa, triceratops adalah salah satu dinosaurus berukuran sangat besar yang telah menangkap imajinasi publik hampir sebanyak Tyrannosaurus rex. Tetapi penemuan selanjutnya tentang triceratops termasuk bahwa ia hanya memiliki dua tanduk nyata mungkin akan mengejutkan Anda.

Adanya Dua Tanduk

Triceratops adalah bahasa Yunani untuk “wajah bertanduk tiga,” tetapi dinosaurus ini sebenarnya hanya memiliki dua tanduk asli; yang ketiga, “tanduk” yang jauh lebih pendek di ujung moncongnya, dibuat dari protein lunak yang disebut keratin, jenis yang ditemukan di kuku manusia, dan tidak akan banyak digunakan dalam pergumulan dengan seorang raptor yang lapar. Ahli paleontologi telah mengidentifikasi sisa-sisa dinosaurus bertanduk dua yang disebut Nedoceratops (sebelumnya Diceratops), tetapi itu mungkin mewakili tahap pertumbuhan remaja Triceratops.

Tengkorak Adalah Sepertiga dari Tubuhnya

Bagian dari apa yang membuat triceratop begitu dikenali adalah tengkoraknya yang sangat besar, yang, dengan embel-embel yang mengarah ke belakang, dapat dengan mudah mencapai panjang lebih dari tujuh kaki. Tengkorak dari ceratopsians lain, seperti Centrosaurus dan Styracosaurus, bahkan lebih besar dan lebih rumit, mungkin sebagai akibat dari seleksi seksual, karena jantan dengan kepala lebih besar lebih menarik bagi wanita selama musim kawin dan mewariskan sifat ini kepada keturunan mereka. Tengkorak terbesar dari semua dinosaurus bertanduk dan bersarang milik Titanoceratops.

Apakah Makanan Dianggap untuk Tyrannosaurus Rex

Seperti yang diketahui penggemar dinosaurus, Triceratops dan Tyrannosaurus rex menempati ekosistem yang sama — rawa-rawa dan hutan di Amerika Utara bagian barat — sekitar 65 juta tahun yang lalu, tepat sebelum kepunahan K-T yang memusnahkan dinosaurus. Masuk akal untuk mengasumsikan bahwa T. rex sesekali memangsa Triceratops, meskipun hanya penyihir efek khusus Hollywood yang tahu bagaimana ia berhasil menghindari tanduk tajam pemakan tumbuhan ini.

Memiliki Paruh dan Juga Kulit Yang Keras

Salah satu fakta yang kurang diketahui tentang dinosaurus seperti Triceratops adalah bahwa mereka memiliki paruh seperti burung dan dapat memotong ratusan pon vegetasi yang keras (termasuk sikas, ginkgo, dan tumbuhan runjung) setiap hari. Mereka juga memiliki “baterai” gigi geser yang tertanam di rahang mereka, beberapa ratus di antaranya digunakan pada waktu tertentu. Saat satu set gigi mulai mengunyah karena terus-menerus mengunyah, mereka akan digantikan oleh baterai yang berdekatan, sebuah proses yang berlanjut sepanjang masa hidup dinosaurus.

Leluhur Dari Kucing Yang Berukuran Besar

Pada saat dinosaurus ceratopsian mencapai Amerika Utara, selama periode Cretaceous akhir, mereka telah berevolusi menjadi ukuran ternak, tetapi nenek moyang mereka yang jauh adalah kecil, kadang-kadang berkaki dua, dan pemakan tumbuhan yang tampak lucu yang menjelajahi Asia tengah dan timur. Salah satu ceratopsians teridentifikasi yang paling awal adalah mendiang Jurassic Chaoyangsaurus, yang memiliki berat 30 pound dan hanya memiliki sedikit tanda terompet dan embel-embel. Anggota awal lainnya dari keluarga dinosaurus bertanduk dan berjumbai mungkin bahkan lebih kecil.

Kemungkinan Sama Dengan Torosaurus

Di zaman modern, banyak genera dinosaurus telah ditafsirkan kembali sebagai “tahap pertumbuhan” dari genera yang sebelumnya disebut. Ini tampaknya benar dengan Torosaurus bertanduk dua, yang menurut beberapa ahli paleontologi mewakili sisa-sisa pria Triceratops berumur panjang yang luar biasa yang embel-embelnya terus tumbuh hingga usia tua. Tetapi diragukan bahwa nama genus Triceratops harus berubah menjadi Torosaurus, cara Brontosaurus menjadi Apatosaurus.